OPSIH (Operasi Bersih)

OPERASI BERSIH TAMAN NASIONAL GEDE PANGRANGO (TNGP)
Via Cibodas
Oleh : M-201001, 10 Juni 2015

Sebelum cerita panjang lebar, izinkanlah gw mengucap Puji dan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena Kasih dan AnugerahNya lah hingga hari ini gw masih diberi kesempatan untuk menikmati indahnya dunia ini. Terima kasih juga kepada seluruh rekan2 yg telah mendukung kegiatan ini hingga pada akhirnya kegiatan ini sukses dan kita telah kembali ke rumah masing2 dengan selamat.

28 Mei 2015
Hari yang ditunggu-tunggu pun akhirnya tiba,, hari ini terakhir gw UAS mata kuliah Kajian Arsitektur Kota,, semua penderitaan selama satu semester ini berakhir dan gw berharap semoga dosen-dosen berbaik hati dan meluluskan semua mata kuliah gw….kasihanilah mahasiswa tingkat akhir..amin.
Seperti biasa setelah UAS, kaki langsung melangkah ke Basecamp tercinta alias rumah kedua, yakni Sekretariat Marsipala yang lokasi nya di Lantai 7 Gedung Teknik Universitas Tarumanagara (kali aja ada yang mau melipir kemari…hahahaha). Kondisi sekret saat itu ramai, gw lupa ada siapa aja, maklum udah berumur.hahahahhaa.. Aktifitas ngobrol, makan, minum, tidur, beres2, belajar, sibuk ngerjain tugas,  boulderan, ceng2an…itulah yang selalu terjadi..
Tiba2 muncul dibenak, udah lama nih gak ke Pangrango (terakhir ksana Januari kl gak salah..hahahaha). Akhirnya susun schedule, dan kebetulan 5-7 Juni ada acara Opsih (Operasi Bersih, semacam jadi tukang bersih2 gitu) TNGP via Cibodas yang diadakan oleh Green Ranger. Langsung telp,komandan GreenRanger…”Siang Bang, gmn kabarnya?Biaya ikut Opsih berapa y? Gratis Rik!! Ok siap merapat “.. Target operasi bersih kali ini adalah sepanjang jalur Cibodas sampai ke Pos Kandang Badak. Pesertanya siapa pun boleh ikut asalkan ikhlas.

Kamis, 4 Juni 2015
Seperti biasa seharian di sekret, tiba2 hari sudah malam…Jam 20.00 bel berbunyi (seperti zaman sekolah dulu…aturan di kampus emang ketat broo), AC mulai dipadamkan, itu pertanda kita harus bubar. Selesai beres-beres, kunci sekret, langsung cabs turun ke bawah..setelah itu lupa gw ngapain aja dan malam nya pulang ke rumah.. Sekitar jam 22.00 gw packing perlengkapan standard pendakian, packing amunisi snack, dsb. Kelar packing gw tidur sbentar supaya tidak ngantuk dalam perjalanan, maklum gw menunggangi kuda merah (Jupiter MX merah) untuk menuju ke TKP nya…

si kuning minta digendong

Jum’at, 5 Juni 2015
Tepat jam 02.00 dini hari alarm gw bunyi, gw langsung bergegas bangun, cuci muka gak pake mandi, ngecek ulang perlengkapan…pakai pakaian perang, sepatu Hitec kesayangan, untuk menahan angin malam gw pakai raincoat. Udh siap jalan gw langsung gendong si kuning tercinta, dan si kecil gw taruh didepan aja…Gak lupa pakai sarung tangan, kupluk ala maling, dan paka helm biar safety brooo….perjalanan pun dimulai kurang lebih jam 02.30.
Langsung aja gaspoll menuju arah Pancoran, sempat isi Shell V-Power supaya gak mogok di jalanan. Pancoran belok kanan menuju Ps.Minggu…lurus terus sampai ketemu cabang dua, langsung sen kiri menuju arah Depok. Lurus lagi sampai ketemu lampu merah pertama belok kiri lagi dan gass trusss sampe mentok baru belok kanan, ini udah masuk ke Jl.Raya Bogor. Ikuti jalan lurus yang lumayan bikin ngantuk, dan akhirnya sampai juga di simpang lupa apa namanya yang belok kanan baru nanjak ke arah puncak..
Tepat pukul 04.40 gw tiba di Barrak Green Ranger…eh ternyata komandan Idhat S.Lubis masih melek. Langsung salam-salam dan beres2 kemudian ngobrol2 seperti biasa dan siap tidur sekitar jam 05.30 (matahari udh nongol broo). Kondisi cuaca saat itu cerah dan dinginnya lumayan menusuk..

Lupa bangun jam berapa, bangun2 langsung disuruh makan sama Mamah…ok siap mah. Seharian di barrak, ngobrol2, canda tawa, bantu ngurusin pendaki yang mau nanjak, urusin parkiran motor pendaki supaya teratur. Sibuk deh banyak kerjaan.hahahaha..
Gak terasa matahari terbenam dan dingin malam mulai menusuk.. Makin malam makin banyak pendaki yang datang, maklum hari ini kan Jum’at malam waktunya pendaki menyempatkan diri bersenggama dengan gunung di sela-sela kerasnya kehidupan kota..
Oh iya, untuk informasi dari bulan April – Juni 2015 sebanyak 7 (tujuh) orang meninggal di Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). Semoga mereka tenang disana dan berbahagia di sisi Mu ya Bapa..amin. Kita tak perlu berdebat panjang lebar mengenai penyebab kenapa mereka bisa menjadi korban padahal jalur pendakian nya kan jelas. Semua itu cukup menjadi pelajaran buat kita semua, utamakan safety prosedur selama pendakian, jangan terlalu memaksakan diri untuk sampai ke puncak karena puncak itu cuma bonus. Gak ada yang ngasih lu tepok tangan ataupun penghargaan pas tiba di puncak gunung, dan gak ada juga yang mencaci maki lu kalau gak sampe ke puncaknya,, begitu kalau kata Bang Idhat. Jadi intinya safety prosedur dan sadar akan batas kemampuan diri masing-masing.

Malam makin larut gak terasa tanggal sudah berganti…tiba2 kami mendapat kabar bahwa anaknya Pak Endah (salah satu petugas pos jaga TNGP) menjadi korban perampokan alias begal motor di daerah Taman Bunga, Puncak. Korban langsung dibawa ke RS Cimacan (kalau gak salah inget). Inailahi Wainailahirojiun…mungkin sabitan celurit si begal langsung menusuk jantung korban, korban tak terselamatkan…Malam itu penuh duka,, belum seminggu kejadian anak IKJ…TNGP berduka lagi….beberapa dari kami pun langsung menuju TKP untuk memastikan kejadian tersebut.. Menurut saksi, korban baru saja pulang dari rumah pacarnya dan dicegat begal, sempat terjadi tarik-menarik antara begal yang menginginkan sepeda motor korban dan korban mempertahankan motornya. Korban berteriak minta tolong dan akhirnya warga langsung datang, si begal panik langsung melibaskan celuritnya ke tubuh korban dan korban tergeletak..Si begal langsung kabur gak jadi ambil motor korban, mungkin karena ketakutan dihajar massa. Mudah2an si begal segera ditangkap dan mendapatkan hukuman yang setimpal akibat dari perbuatan jahatnya…

Mata semakin redup dan gw putuskan untuk istirahat sejenak…tiup matras angina, tarik Sleeping Bag, tutup muka pakai sarung sakti dan tidur….

Sabtu, 6 Juni 2015
Sekitar jam 08.00 pagi gw terbangun karena silaunya matahari dan berisiknya anak2 yang sedang asyik ngobrol di barrak. Langsung saja beres2 peralatan tidur dan bergegas menuju gerobak gorengan Bang Udin (langganan sejak dahulu kala.hahahha).. Eh disamping nya ada yang jual rujak, ya sudah beli juga karena lagi ngidam..hahahahahaa…

Hari begitu cepat, tak terasa sore hari telah tiba..Oh iya harusnya hari ini gw nanjak Opsih, baru inget broo tujuan utamanya Opsih bukan standby di barrak, maklum terlalu asyik bersama teman2.hahahaha…Ya udah akhirnya gw putuskan Opsih nya hari minggu pagi aja mulai nanjak, target Kandang Badak aja deh.. Siapkan karung dan langsung packing lagi, nanjak kali ini hanya pakai daypack karena mau tektok, karung2in sampah dan anak2 yang Opsih mereka nanjak nya dari jalur Putri. Mereka tiba di Kandang Badak minggu pagi. Acara mereka pendakian bersama sekalian Opsih gitu..
Sekitar jam 22.00, mobil silver merapat ke basecamp, ternyata para senior Green Ranger pada berdatangan dan mereka sibuk mempersiapkan acara Mubes yang rencananya akan diadakan setelah lebaran tahun ini. Gw langsung saja melipir, gak enak broo nimbrung ngobrol mengenai rumah tangga orang.hehehehe..
Untuk informasi malam ini juga anak2 Cibodas termasuk petugas TNGP, voulenteer, sukarelawan dan segala macamnya mengadakan acara “Dangdutan” di Balai Besar TNGP. Acara bubar sekitar jam 01.00 dini hari..mereka butuh hiburan juga kawan, lelah mereka tiap minggu standby evakuasi rekan2 pendaki yang membutuhkan pertolongan..
Malam tiba dan akhirnya tidur lagi….kali ini tidur di kamar prajurit, enak broo ada kasurnya..hahahahaha..