Profile Marsipala


Nah, ada peribahasa kalau “Tak kenal maka tak sayang” maka dari itu kasih kesempatan buat Marsipala untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu, serta sedikit cerita mengenai bagaimana sejarah perkembangan Marsipala dari tahun 1975 hingga kini.

Marsipala merupakan sebuah organisasi pecinta alam yang berlokasi di gedung Teknik lt.7 ( Sekertariat) sesuai dengan singkatannya Mahasiswa Arsitek- Sipil Pecinta Alam ( Marsipala) 

Semula berdirinya Marsipala ini dipelopori oleh mahasiswa/I fakultas teknik sipil dan arsitek yang menginginkan adanya suatu wadah pecinta alam guna mengkoordinir kegiatan- kegiatan perkemahan dan sejenisnya. Kemudian hal tersebut terealisasi dengan diadakannya Student Camp I (SC) di Parakan Salak, Sukabumi. Dengan susunan panitia yang berasal dari mahsiswa/I fakultas teknik sipil dan arsitek angkatan 1974, mereka diantaranya adalah, Johanes Hilman, Soesanto Santoso, Waskito, Bambang M. Hartaman, Beng Coan, Agung W., Joseph R., dan dibimbing oleh mahasiswa senior Budyanto, Rudy M.R.S, Loddy W., Lucky, dll. 

Student Camp ini berlangsung dari tanggal 11- 13 April, maka diambillah tanggal 12 April 1975 sebagai tanggal berdirinya Marsipala. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, Universitas Tarumanagara juga membuka berbagai fakultas baru, yang menyebabkan peminat untuk bergabung dengan Marsipala bukan lagi mahasiswa/I yang berasal dari Teknik saja, sehingga pada tanggal 22 Juni 1981 ditetapkan Marsipala bukan sebuah singkatan tetapi merupakan sebuah nama yang mewakili pecinta alam di fakultas teknik Untar. Yang dapat bergabung dengan Marsipala adalah semua mahasiswa/I dari semua fakultas kecuali dari dari fakultas hukum, ekonomi, dan fti karena ketiga fakultas tersebut sudah memiliki mapalanya sendiri. Karena anggota Marsipala berasal dari berbagai fakultas,dari sana jugalah yang menyebabkan keberagaman dan pluralisme tetap terjalin serta kekeluargaan yang erat.

Kemudian Marsipala juga ingin memberitahu bahwa sampai saat ini kami masih tetap melaksanakan 4 divisi yang ditekuni, yakni     :
  •           Rock and Wall Climbing (PanjatTebing)
Divisi ini juga yang telah melahirkan atlet dengan sejumlah prestasi yang telah dicapainya.
  •         Caving ( Penelusuran Goa)     
  •         Mountaineering- (Gunung-Hutan)
  •         Rafting ( Arum Jeram)
Masing- masing divisi juga memiliki cerita- cerita yang asyik dengan perjalanan yang menyenangkan. Selain itu Marsipala juga aktif dalam melakukan kegiatan organisasi serta program kerja tahunan. Akhir kata Marsipala mundur diri dulu, blog ini akan terus berlanjut dengan cerita terbarunya.
HUT MARSI ke- 39

Marsipala Jaya! Jaya!! Jaya!!!

Komentar

Postingan Populer