Marsipala Open Rafing

Hayy semuaa .. sekarang MARSIPALA mau bagi-bagi cerita lagi nihh . Kali ini cerita seputar acara MOR hari sabtu kemarin (21 Maret 2015). Buat yang belom tau MOR itu apa, MOR itu Marsipala Open Rafting . Kegiatan ini udah jadi proker tahunan marsipala, tahun ini tema yang diangkat "Break Your Adrenaline". Nahh .. karena sifatnya ‘open’ jadi terbuka buat umum dan siapa aja boleh ikut. Kita mulai aja ya ceritanya ….
Perjalanan dimulai dari kampus UNTAR yang jadi tempat meeting point, jumlah peserta dan panitia yang ikut 25 orang. Rencana awal rombongan akan diberangkatkan pada pukul 6.00 tepat, tapi karena ada yang terlambat datang jadi molor dehh sekitar jam 06.30. Perjalanan dari UNTAR ke Sukabumi (Sungai Citarik) berjalan cukup lancar, cuma karena waktu itu bertepatan dengan weekend dan libur hari raya nyepi jadi jalanan sangat padat. Mulai dari masuk pintu tol di Jakarta kemacetan udah mulai terlihat dan macet ini makin parah pas kita udah mau masuk kota Sukabumi. Gara-gara macet ini akhirnya rombongan sampai di lokasi cukup lama sekitar jam 12.30, jadi lama perjalanan yang ditempuh  6 jam. Waktu ini ngaret sekitar 2 jam dari perkiraan awal.

Meskipun perjalanan yang cukup lama kita tetep semangat buat rafting. Sampai di tempat tujuan peserta dan panitia istirahat sejenak sambil mempersiapkan diri untuk melakukan pengarungan di Sungai Citarik sepanjang 9 km. Tempat istirahatnya itu sejenis homestay yang memang disiapin buat orang-orang yang mau rafting, ada tiga kamar dengan masing-masing kamar mandi dalem. Tempatnya bersih terus cukup nyaman buat istirahat.


Nahh setelah semua ganti baju, kita siap-siap untuk menuju tempat start pengarungan tapi sebelumnya kita pake alat-alat yang udah disiapin (hlem, pelampung, dayung). Untuk menuju ke lokasi start pengarungan, rombongan harus naik mobil pick-up. Waktu tempuh sekitar 10-15 menit dan jalan yang dilalu cukup menanjak. Mobil pick-up tidak membawa rombongan langsung ke start, kita harus jalan sekitar 5 menit untuk sampai ke pinggir sungai.

Setelah sampai di lokasi seluruh peserta diberikan pengarahan terlebih dahulu, seperti cara memegang dayung dan instruksi-instruksi yang akan diberikan saat pengarungan. Peserta dan panitia dibagi ke dalam 8 kelompok, karena debit air rendah jadi 1 kapal hanya mengangkut 3 orang dengan 1 instruktur.

Akhirnya sekitar pukul 14.30 pengarungan pun dimulai dan suasana saat itu cukup mendung. Peserta dan panitia terlihat sangat excited sekali karena sudah tidak sabar bermain air dan merasakan adrenaline mengarungi jeram. Pengarungan berlangsung sangat seru, rombongan saling mencipratkan air menggunakan dayung kepada kapal lain yang terdekat. Semua terlihat tertawa lepas dan terkadang terdengar terikan saat kapal menabrak batu atau melewati jeram yang cukup deras. Terkadang kapal kami juga saling bertabrakan, namun hal tersebut merupakan hal yang cukup menarik karena kami akan mulai menyiram air satu sama lain.

Debit air yang kecil membuat kapal sering tersangkut di batu, tidak jarang instruktur harus turun dari kapal dan mendorong kapal supaya tidak nyangkut lagi. Saat berada di air yang tenang dan datar, peserta diperbolehkan turun dari kapal untuk berenang atau sekedar bermain air. Sekitar setengah pengarungan hujan pun turun hingga pengarungan selesai, tapi hujan tidak bisa menghalangi kami untuk mengambil foto karena apapun kondisinya kita harus tetep gaya hehehe. Pengarungan selesai sekitar pukul 5 sore.

Tiba di finish rombongan disambut dengan kelapa muda. Rasanya tuh seger banget, abis cape-cape ngarung terus menikmati segarnya kelapa muda. Gak perlu waktu lama kelapa muda pun habis diminum oleh seluruh rombongan yang lelah setelah pengarungan. Kami pun berjalan menuju pick-up untuk kembali menuju tempat persinggahan. Sampai di tempat persinggahan ternyata telah disediakan nasi, ayam goreng, tempe, tahu, teri goreng, sambal, dan kerupuk. Perut rasanya udah teriak minta makan hehehe. Sementara sebagian menikmati santapan yang telah disediakan, yang lainnya mandi dan bersiap-siap untuk pulang. Setelah semuanya selesai mandi dan makan maka tibalah waktu untuk kembali ke Jakarta. Rombongan kembali ke Jakarta sekitar pukul 7 malam dan masih ditemanin hujan yang dari sore mengguyur kota Sukabumi. Perjalanan pulang berjalan lancar karena kondisi jalan yang tidak terlalu macet dan rombongan tiba kembali di UNTAR dekitar pukul 12 malam.


 

Selesai sudah acara MOR 2015 dan berjalan sukses! MARSIPALA JAYA.




Komentar

Postingan Populer